cover
Contact Name
JURNAL KOMUNIKATIO
Contact Email
jurnal.komunikasi@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.komunikasi@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL KOMUNIKATIO
ISSN : 24423882     EISSN : 25498002     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL KOMUNIKATIO (p-ISSN: 2442-3882 dan e-ISSN 2549-8002) adalah jurnal ilmiah yang memuat aspek-aspek Ilmu Komunikasi dalam Konteks Teori dan Praktik. Terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komunikatio" : 6 Documents clear
MOTIF MEDIA PEMBELAJARAN BUKU TEKS BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN SISWA Fitria Aprilia Suherman; Rita Rahmawati; Sukarelawati Sukarelawati
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.101 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i2.183

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada hubungan antara media pembelajaran denganketerampilan siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui motif media pembelajaran di SMATaruna Andigha dan SMA Amaliah Bogor, (2) mengetahui keterampilan siswa di SMA Taruna Andighadan SMA Amaliah Bogor, (3) mengetahui hubungan antara motif media pembelajaran denganketerampilan siswa di SMA Taruna Andigha dan SMA Amaliah Bogor. Jenis penelitian yang digunakanadaah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)kekuatan motif media pembelajaran adalah menimbulkan motivasi belajar siswa, metode mengajatbervariasi, interaktif siswa dan guru, dan adanya demonstrasi termasuk pada kategori kurang baik. (2)Keterampilan siswa dinilai berdasarkan beberapa kriteria seperti banyak gagasan, keluwesan danalmemecahkan masalah, mencetuskan gagasan asli, menguraikan ssesuatu dengan rinci, menghasilkankarya yang bermanfaat bagi individu dan lingkungan dinilai baik, (3) kekuatan motif mediapembelajaran dengan keterampilan siswa memiliki hubungan yang tidak begitu besar.Kata Kunci : Media komunikasi massa, media pembelajaran, keterampilan siswa
HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL MARKETING DAN MEMBER DENGAN BRAND IMAGE HOTEL Meli Qodariyyah; Sukarelawati Sukarelawati; Ali Alamsyah Kusumadinata
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.775 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i2.156

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) Mengkaji tentang komunikasi interpersonal oleh marketing yang dilakukan Hotel Santika Bogor pada member, (2) Mengkaji brand image Hotel Santika Bogor, (3) Mengkaji hubungan antara komunikasi interpersonal marketing dan member dengan brand image Hotel Santika Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 tamu repeater yang menginap di Hotel Santika Bogor. Populasi ini diperoleh dari database Hotel Santika Bogor, sehingga merupakan populasi finit (terbatas). Sampel yang diambil dalam penelitian ini diambil dari populasi yang telah diketahui dari database repeater (populasi finit) Hotel Santika Bogor, yaitu sebesar 50 sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik jenuh atau sensus yaitu dengan mengambil seluruh populasi yang ada. Hasil perhitungan uji signifikansi diperoleh harga thitung sebesar 6,202 dan ttabel untuk kesalahan 0,05 dengan uji dua pihak, dan dk = n – 2 = 48 diperoleh 2,021. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal marketing dan member dengan brand image Hotel Santika Bogor. Kontribusi faktor komunikasi interpersonal marketing dan member terhadap brand image adalah 44,5% sedangkan 55,5% lainnya dipengaruhi faktor lain, seperti diferensiasi produk, penggunaan celebrity endorser, event sponshorship, brand ambassador, kepemimpinan, dan keunggulan produk.Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Brand Image
PROSES PELAKSANAAN PROGRAM CSR BINA LINGKUNGAN KOMUNIKASI (BILIKOM) PADA MASYARAKAT DESA BINAAN A.H Prasetyo; Undang Suryatna; Agustini Agustini
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.101 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i2.187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan program CSR Bina Lingkungan Komunikasi (BILIKOM) pada masyarakat desa binaan Gunung Putri CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Citeureup Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan wawancara dan observasi secara langsung. Key Informan dalam penelitian adalah Section Head CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan Informant masyarakat desa binaan Gunung Putri. Hasil dari penelitian ini adalah Program yang dibahas oleh seksi Community Development (CD) dari CSR dalam Bilikom yaitu membahas lima pilar yaitu pilar pendidikan, pilar kesehatan, pilar ekonomi, pilar Sosial, Budaya, Agama, Olah raga (SOSBUDAGOR), pilar keamanan. Proses Pelaksanaan Bilikom di CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk yaitu dengan cara penyampaian pesan dari komunikator, pihak CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menyampaikan pesan kepada pihak komunikan yakni masyarakat desa binaan. Penyampaian pesan tersebut melalui forum Bilikom. Pihak CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk mempunyai program lima pilar dan akan dilakukan merata di desa binaan Gunung Putri. Program Infrastruktur yang berhasil dilaksanakan Bilikom di desa binaan Gunung Putri yaitu Pembangunan sarana posyandu, selanjutnya pilar Sosbudagor yaitu pembangunan sarana ibadah di desa binaan Gunung Putri yaitu rehab MTS Al-Mutaqin dan pembangunan majelis Talim Al-Barokah kegiatan Sosial, Budaya, Agama dan Olah raga. (Sosbudagor), CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, selanjutnya betonisasi jalan desa binaan Gunung Putri dan bantuan program rutilahu (bantuan rumah untuk orang yang kurang mampu). Kata Kunci: Pelaksanaan Program CSR, Masyarakat Desa Binaan Gunung Putri
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MULTILEVEL MARKETING ORIFLAME TERHADAP KEPERCAYAAN DISTRIBUTOR SEBAGAI MITRA USAHA R. Rohana; Agustini Agustini; Ike Atikah Ratnamulyani
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (939.493 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i2.169

Abstract

Oriflame merupakan perusahaan multilevel marketing kosmetik yang bertahan cukup lama di Indonesia, yaitu sekitar 20 tahun. Tetapi semakin banyaknya perusahaan multilevel marketing yang mengembangkan sayapnya pada bidang kosmetik, maka pesaing Oriflame akan semakin bertambah. Oriflame menawarkan beberapa cara untuk tetap memberikan kepercayaan kepada setiap distributornya, hal inilah yang membuat bisnis Oriflame menjadi begitu unik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi komunikasi pemasaran multilevel marketing Oriflame terhadap kepercayaan distributor sebagai mitra usaha di Taman Topi Square Bogor. Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Oriflame melalui jaringan distributor untuk keberhasilan pemasaran produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Korelasional dengan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran Oriflame yang merupakan ujung tombak terciptanya kualitas kepercayaan mitra usaha. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran multilevel marketing Oriflame berpengaruh terhadap kepercayaan distributor sebagai mitra usaha dengan tingkat pengaruh sedang yang korelasinya sebesar 26,32%.Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Distributor, MLM Oriflame.
HUBUNGAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (KASUS PADA SMK WIKRAMA KOTA BOGOR) Riandika Prayogi; Undang Suryatna; Ali Alamsyah Kusumadinata
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.861 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i2.174

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan secara bertahap telahmengubah komunikasi pembelajaran konvensional ke sistem pembelajaran dengan e-learning yangmemanfaatkan jaringan internet. Penerapan sistem e-learning dalam komuniasi pembelajaran didugadapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahuipelaksanaan komunikasi pembelajaran menggunakan sistem e-learning, (2) untuk mengetahuimotivasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara komunikasipembelajaran menggunakan sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini didesaionmenggunakan metode asosiatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Wikrama Kota Bogor, sampelditetapkan sebanyak 83 siswa dengan teknik sampling acak sederhana dan analisis data dilakukandengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komunikasipembelajaran menggunakan sistem e-learning dilaksanakan dengan metode komunikasi pembelajaranyang bervariasi, efisien, mudah dipahami dan menarik, (2) motivasi belajar siswa dengan komunikasipembelajaran menggunakan sistem e-learning adalah tinggi, serta (3) terdapat hubungan yang nyataantara komunikasi pembelajaran sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa.Kata Kunci: Komunikasi Pembelajaran, E-learning, Motivasi Belajar.
PENGARUH SOSIAL MEDIA KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU DAN ANAK DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR DR Pratama; Ike Atikah Ratnamulyani; Maria Fitriah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (854.953 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i2.180

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui (1) bagaimana pengaruh sosial media komunikasi interpersonal ibu dan anak dalam membangun motivasi belajar (2) seberapa besar pengaruh sosial media komunikasi interpersonal ibu dan anak dalam membangun motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode survey dan analisis korelasional dengan bantuan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di Villa Mutiara Lido Blok F Bogor serta sampel pada penelitian ini sebanyak 35 responden, yaitu anak dari umur 10 sampai 17 tahun, yang menggunakan Blackberry Massengger sebagai alat komunikasi dengan ibu. Penelitian ini menunjukan bahwa sosial media komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh keterbukaan, empati, dukungan, kepositifan dan kesamaan, sementara motivasi belajar dipengaruhi oleh keberhasilan, kebutuhan, harapan, penghargaan, kegiatan dalam belajar, dan lingkungan belajar. Untuk besaran pengaruh diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,239 yang berada di level rendah, maka dapat disimpulkan bahwa korelasi diantara kedua variabel X (sosial media komunikasi interpersonal) dan variabel Y (motivasi belajar) memiliki hubungan yang rendah dan menunjukan hubungan negatif.Kata Kunci : sosial media, komunikasi interpersonal, motivasi belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 6